logo
Agar Kopi Selalu Dalam Keadaan Terbaik

Agar Kopi Selalu Dalam Keadaan Terbaik

 22 March 2014

Sebagai salah satu Negara penghasik kopi terbesar di dunia, Maka tidak heran bila minuman kopi begitu populer di Indonesia. Walaupun sangat populer masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara menyimpan ataupun menyajikan kopi agar cita rasa kopi tersebut selalu dalam keadaan terbaik sewaktu kita meminumnya.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang diberikan oleh Kris Sigit sebagai Founder dari Eight Coffee & Kafenine. Tips dasar dan mudah ini dapat diterapkan oleh pembaca ataupun pelanggan Eight Coffee dirumah ataupun di kantor.

  1. Kopi harus selalu disimpan dalam tempat kedap udara atau berada dalam bungkus aluminium foil. Karena kopi bersifat menyerap bau, maka rasa dan aromanya akan berubah sesuai dengan bau di sekeliling yang diserapnya.
  2. Simpan dalam udara yang sejuk tetapi tidak didalam lemari es. Kopi yang sudah digiling biasanya tidak dapat mempertahankan aroma dan rasa pada level maximum jika sudah dibuka lebih dari 3 hari. Jika anda memiliki penggiling biji kopi sendiri sebaiknya biji kopi tidak digiling jika belum ingin dipergunakan.
  3. 3. Kopi dapat diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Tetapi untuk mendapatkan aroma dan rasa kopi yang pas, sebaiknya kopi diseduh dengan air bersuhu 90 derajat celcius . Untuk mendapatkan kekentalan yang pas Anda bisa sesuaikan dengan selera sendiri
  4. Kopi dapat diminum dengan susu atau krim sesuai dengan selera
  5. Sebaiknya tidak meminum kopi melebihi 2-3 cangkir per hari.
  6. Bagi yang sensitif terhadap kafein Anda bisa memilih decaffeinated (decaff) coffee, atau kopi tanpa kafein.
  7. Tidak disarankan mengonsumsi kopi ketika perut masih kosong karena kopi memiliki zat asam yang bisa mempengaruhi enzim di lambung dan mengakibatkan rasa kembung atau bahkan maag.
  8. Bagi yang tidak biasa jangan meminum kopi mendekati waktu tidur, karena efek kopi membuat orang tetap terjaga.

 Related Categories
Top